KOTA BATU – Call Center 112 Resmi di-launching pada Acara ATV Carnival 2024 yang dihelat di Halaman Balai Kota Among Tani, Pemerintah Kota Batu, pada Sabtu (12/10/2024). Acara ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Sekretaris Daerah, Zadim Effisiensi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Onny Ardianto, Perwakilan dari Direktorat Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika, Agus Joko Sudiarto, Direktur Operasional P.T. Jasnita Telekomindo, Samsul Effendi, dan Ketua PHRI Kota Batu,Sujud Hariadi, serta warga Kota Batu yang turut meramaikan dan menyaksikan acara tersebut.
ATV Carnival 2024 yang diadakan sejak Hari Jumat (11/10) ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Peringatan HUT Ke-23 Kota Batu, sekaligus peringatan HUT Ke-21 Agropolitan TV.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Onny Ardianto, menyampaikan dalam laporan kegiatan,”Launching Call Center 112 bertepatan dengan acara ATV Carnival 2024.”
Onny mengungkapkan,”ATV sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal memiliki sifat independen, netral dan non-benefit serta berfungsi memberikan layanan hiburan, edukasi dan yang tak kalah pentingnya adalah layanan informasi akurat kepada masyarakat di Kota Batu dan mencakup wilayah Malang Raya. Hal ini selaras dengan layanan Call Center 112 yang mencakup layanan masyarakat yang berkaitan dengan situasi tanggap darurat sehingga pelayanan informasi kepada masyarakat dapat berjalan secara efektif dan efisien.”
Ia menambahkan,”Sejak fase uji coba beberapa waktu lalu hingga saat ini, Call Center 112 telah menerima dan menindaklanjuti 1.735 penggilan terkait situasi darurat, seperti kecelakaan lalu lintas, kebakaran dan kebutuhan penanganan kesehatan.”
Call Center 112 sendiri terintegrasi dengan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan, Kepolisian, dan Pemadam Kebakaran. Layanan ini memastikan masyarakat mendapatkan bantuan yang diperlukan secepat mungkin. Warga yang membutuhkan penanganan darurat menghubungi 112 dan operator layanan akan menerima keluhan atau laporan lalu segera meneruskan informasi tersebut kepada tim lapangan melalui dispatcher. Tim lapangan seperti Tenaga kesehatan, kepolisian atau pemadam kebakaran akan segera menuju lokasi, dan bergerak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai,mengatakan dalam sambutannya bahwa layanan kegawatdaruratan 112 merupakan sistem respon cepat untuk keamanan masyarakat di Kota Batu.
“Layanan Call Center 112 ini merupakan terobosan vital yang bertepatan dengan Kota Batu yang mencapai usia ke-23, dan diharapkan dapat memberikan kemudahan akses cepat kepada masyarakat Kota Batu dalam melaporkan kejadian darurat, sehingga masyarakat mendapatkan rasa aman karena pemerintah hadir dan senantiasa tanggap darurat dalam situasi apapun.”
Dalam kesempatan ini, Aries juga mengapresiasi peran kunci Agropolitan TV (ATV) sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal yang dimiliki oleh Kota Batu,”Media televisi lokal Agropolitan Televisi Kota Batu memiliki peran sentral dalam menyampaikan informasi yang akurat, faktual dan bermanfaat bagi masyarakat Batu.”
Aries pun berharap di masa depan Layanan Call Center 112 serta Agropolitan TV dapat menjadi sarana dan media untuk melayani kepentingan publik dalam hal kesiapan tanggap darurat dan ketersediaan informasi bagi warga Batu secara optimal. (Fr)